Solusi Ring M/A lensa Nikon 80-200mm yang patah

0 18

BERBAGITIPS - Beberapa bulan yang lalu saya membeli lensa Nikon 80-200mm ED Gen 3 yang memang dalam kondisi bekas. Meskipun bekas tetapi kondisi fisik lensa masih cukup baik.

Setelah beberapa kali pemakaian secara tidak sengaja ternyata saat saya memutar ring manual / auto (M/A) yang ada di lensa tersebut patah. Hal ini banyak di alami oleh para pengguna lensa Nikon 80-200mm ED tersebut. Beberapa kali saat browsing di internet saat mencari cara bagaimana cara memperbaiki ring tersebut ternyata banyak juga yang mengalami permasalahan ini.


img src: dpreview

Karena permasalahan ring tersebut terpaksa saya sambung menggunakan plastic st**l supaya lensa kembali dapat digunakan. Akan tetapi saya sangat tidak nyaman dengan kondisi tampilan ring yang terlihat mengganggu sekali apalagi di bagian sambungan yang terlihat tidak rata.

Solusi Ring M/A lensa Nikon 80-200mm yang patah

Nah karena berbagai alasan tersebut akhirnya saya mencoba mencari sparepart ring tersebut yang ternyata tidak ada toko online yang menjual di wilayah Indonesia. Saya menemukan ring MA untuk Nikon 80-200mm ED tersebut di salah satu toko online yang lokasi penjualnya berada di Hong Kong.

Saat itu ring yang saya cari merupakan ring yang berbahan sama dengan ring lensa yaitu plastik. Berhubung takut terjadi permasalahan ring patah kembali, akhirnya saya mencoba mencari ring dengan bahan sejenis metal dan akhirnya saya temukan di ebay.

Saat ini saya hanya tinggal menunggu ring tersebut sampai dan akan saya pasangkan di lensa. Dari info yang saya dapat sih sebagian besar pembeli ring tersebut sangat puas dengan kualitasnya.

Category: FotografiTags:
author