Jangan lupa pasang Heat Sync Processor

0 75

BERBAGITIPS - Ada kalanya saat membersihkan heat sync atau pendingin processor komputer, kita mengganti pasta yang mungkin sudah kering ataupun kurang maksimal fungsinya karena sudah digunakan terlalu lama.

Nah, pada saat ingin mengganti pasta tersebut, kita harus membuka kipas pendingin processor atau yang biasa di sebut Heat Sync. Akan tetapi, tidak semua jenis pendingin tersebut menggunakan pasta. Tergantung jenis, merk dan type pendingin yang kita gunakan.

Untuk pendingin yang menggunakan pasta pun, modelnya bermacam-macam. Dari bentuk fan (kipas) nya, dan juga socket pengunci atau pengaitnya yang letaknya berbeda tergantung dengan dudukan jenis processor yang digunakan. Untuk jenis Intel ada bermacam-macam socketnya di antaranya adalah Socket 478, LGA 778, LGA 1155, LGA 1151 dan yang lain.

Untuk socket processor AMD pun ada banyak macamnya, AM1, AM2, AM3, AM3+, FM, dan juga jenis-jenis yang lain. Akan tetapi ada beberapa Heatsync yang dapat di gunakan pada beberapa type socket. Jadi jika kita mencari Heatsync, pastikan kita mengetahui kaitan pengunci yang digunakan cocok atau tidak untuk komputer kita.

Jangan lupa pasang Heat Sync Processor

Beberapa hari yang lalu pada saat saya membersihkan Heat Sync, ternyata saya lupa memasang kabel Heat Sync ke socket yang ada di mainboard. Alhasil, komputer tersebut pun mulai menunjukkan gejala-gejala aneh yang muncul dengan tiba-tiba wkwkwkwkw (sok serius nih)

Ada gejala-gejala yang timbul diantaranya:

  1. Gambar tidak tampil (monitor blank hitam)
  2. Komputer sering restart

Memang dasar kurang teliti, saat dibuka casing komputer, ternyata kabel pada Heat Sync belum terpasang. Beruntung masalah ini bisa cepat di ketahui, sehingga tidak merembet ke hardware yang lain. Karena mungkin bisa saja merusak processor karena Overheat ataupun merusak dudukan processor karena meleleh dan lain sebagainya.

Category: KomputerTags:
author