Cara menonaktifkan plugin wordpress dari database

0 629

Cara menonaktifkan plugin wordpress dari database - Kebetulan hari ini situs www.berbagitips.web.id melakukan migrasi alias pemindahan data ke webhosting yang baru dan jauh lebih bagus dari webhosting yang sebelumnya.

Dan kebetulan webhosting yang baru ini dikelola oleh sahabat saya sendiri, sehingga saya mendapatkan akun webhosting ini secara gratis karena memang sebenarnya webhosting ini tidak dijual atau disewakan seperti pada penyedia jasa webhosting yang lain.

Saat melakukan migrasi, penulis menemukan beberapa kendala dan salah satunya adalah salah satu plugins yang digunakan pada CMS WordPress ini tidak dapat berjalan dengan semestinya karena ada salah satu modul php yang belum diaktifkan sehingga membuat tampilan situs menjadi tidak dapat di muat.

wordpress logo

wordpress logo

Cara menonaktifkan plugin wordpress dari database

Setelah mencari informasi melalui mesin pencari, ternyata plugin wordpress yang sedang active / digunakan / berjalan dapat di deactive / dimatikan / di stop dari databasenya. Caranya tidak terlalu sulit, dan cara ini dilakukan jika memang sudah tidak ada cara lain karena semua plugin akan menjadi tidak aktif.

Berikut adalah cara menonaktifkan plugin wordpress dari database:

  • Login ke Database WordPress (gunakan PHPMyAdmin supaya lebih mudah)
  • Pilih tabel wordpress options (biasanya wp_options) dan masukan perintah berikut untuk menampilkan kolom wp_options yang terisi data active_plugins pada bagian SQL: [code]SELECT * FROM wp_options WHERE option_name = 'active_plugins';[/code]
  • Akan tampil data yang berisi active_plugins, kita klik Edit lalu pada bagian option_value kita hapus saja dan klik Go

Nah, cara di atas tidak akan menguninstall plugins pada wordpress, tetapi hanya menonaktifkannya saja. Semoga informasinya bermanfaat.. 🙂

Category: Internet, KomputerTags:
author