Cara menangani luka bakar ringan

0 2479

Luka bakar baik terkena api secara langsung atau mungkin terkena benda panas sepetri setrika, knalpot, ataupun yang lain terkadang terasa sangat pedih.

Luka bakar biasanya meninggalkan bekas pada kulit jika luka bakar tersebut tergolong ke luka bakar yang agak parah. Terkadang saat terkena setrika atau knalpot sepeda motor, kita langsung menggunakan pasta gigi sebagai salep yang kita oleskan pada luka bakar.

Hal itu ternyata tidak di anjurkan karena dapat memperparah luka bakar yang kita alami tersebut. Bagaimana langkah yang benar untuk menangani atau mengobati luka bakar sebelum kita menemui dokter? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menangani sementara luka bakar yang kami rangkum pada artikel ini.

Cara menangani luka bakar ringan

Cara-cara dibawah ini dirangkum dari beberapa sumber yang kami rangkum menjadi satu. Tentunya sobat www.berbagitips.web.id lebih di anjurkan untuk langsung menemui dokter jika terjadi luka bakar serius. Dibawah ini hanya tips ringan untuk menangani luka bakar ringan:

  • Siram dengan menggunakan air pada tempat yang terkena luka bakar. Dapat menggunakan air biasa atau mungkin menggunakan air es dan dapat juga di kompress menggunakan handuk atau kain yang lembut
  • Keringkan dengan handuk atau kain serta bahan lain yang bersih
  • Perban bagian yang luka menggunakan perban yang steril supaya tidak terjadi infeksi
  • Angkat bagian yang terluka lebih tinggi dari jantung sobat, misalnya yang terkena tangan, usahakan tangan sobat posisinya lebih tinggi daripada posisi jantung
  • Jangan diolesi minyak, salep, atau ramuan lain tanpa sepengetahuan dokter

Tentunya tips di atas hanya untuk menangani luka bakar ringan, jika sobat www.berbagitips.web.id mengalami luka bakar serius disarankan untuk segera menemui dokter supaya mendapatkan pelayanan dan perawatan yang baik dan benar.

Pencarian Populer:

Category: KesehatanTags:
author