Cara mempartisi hardisk external

0 2229

Cara mempartisi hardisk external - Sebagian besar pengguna komputer maupun laptop terlebih lagi yang bekerja dengan banyak data yang harus di backup atau di simpan untuk dapat digunakan kembali sewaktu waktu memiliki sebuah atau beberapa hardisk external.

Supaya lebih mudah dan lebih nyaman menggunakan hardisk external, ada baiknya kita menyimpan file-file sesuai dengan kelompoknya. Misalkan saja file-file berupa dokumen, kita letakkan dan susun pada folder dokumen. Begitupun dengan file-file musik ataupun video dan yang lainnya.

Dengan ukuran hardisk yang berukuran ratusan giga atau bahkan puluhan tera, untuk memuat atau meload data yang ada terkadang diperlukan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi komputer atau laptop yang digunakan merupakan komputer jenis biasa saja alias bukan super komputer.

hardisk external

image by google

Cara mempartisi hardisk external

Untuk membuat hardisk external menjadi lebih cepat di load pada komputer dengan spesifikasi rendah sebaiknya dibuat menjadi beberapa partisi. Paling tidak maksimal 400 Giga untuk tiap partisi supaya loading data pada hardisk tersebut bisa lebih cepat prosesnya.

Dan berikut ini adalah cara mempartisi hardisk external:

  • Klik kanan pada My Computer dan pilih Manage
  • Akan keluar jendela baru, kita pilih bagian Storage, dan Disk Management
  • Pilih pada bagian Hardisk External yang belum terpartisi
  • Klik kanan, lalu pilih New Simple Volume
  • Pada bagian Simple Volume Size, isikan dengan ukuran partisi yang dikehendaki (misalnya 40960 MB)
  • Klik Next sampai tampil Finish
  • Ulangi langkah ke 4 untuk mempartisi ukuran hardisk yang di inginkan

Nah, demikian adalah cara mempartisi hardisk external pada Windows 7 tanpa menggunakan software atau aplikasi pendukung.

Category: Komputer, SoftwareTags:
author