Cara blokir Pajak Progresif

0 1101

Cara blokir Pajak Progresif - Pajak progresif adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang naik dengan semakin besarnya jumlah yang digunakan sebagai dasar pengenaan pajak, dan kenaikan persentase untuk setiap jumlah tertentu setiap kali naik.

Diatas merupakan kutipan tentang apa itu pajak progresif yang saya temukan di wikipedia. Saya sendiri tidak terlalu mengerti apa maksud dari tulisan di atas hehehe.. Tapi pada intinya saya sudah pernah merasakan terkena pajak progresif kendaraan roda 2 yang semestinya tidak perlu dibebankan kepada saya.

progresif

Kenapa saya bilang tidak perlu dibebankan ke saya? Karena memang sepeda motor tersebut sudah saya jual, dan tidak berapa lama saya membeli sepeda motor lagi untuk beraktifitas. Nah, ketidak tahuan saya tentang pajak progresif pada saat membayar pajak adalah ternyata jika kita terdaftar memiliki sepeda motor lebih dari satu akan dikenakan pajak progresif pada pajak kendaraan kedua.

Waktu itu saya dengan ketidak tahuan saya untuk mengurus blokir pajak progresif membuat biaya pajak yang dikenakan bertambah sekitar 100ribu rupiah. Kan lumayan kalo seandainya 100ribu tadi buat dibelikan kerupuk. hahahaha

Cara blokir Pajak Progresif

Oke, berhubung tanggal 21 September ini saya harus kembali membayarkan pajak kendaraan saya, maka saya mencoba mencari informasi bagaimana cara supaya saya tidak terkena pajak progresif. Akhirnya saya tahu bahwa kita harus melakukan blokir pajak progresif.

Karena tidak paham, saya pagi tadi mendatangi kantor Samsat Rajabasa, dan saat bertanya kepada petugas ternyata lebih baik mengurus blokir pajak progresif ke Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Lampung. Akhirnya saya langsung menuju kantor Dispenda.

72dipenda
kantor dispenda lampung

Setelah di lokasi saya bertanya kepada bagian informasi, dan ternyata benar untuk pengurusan blokir pajak progresif dapat dilakukan di kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi. Setelah ke bagian IT, ternyata kita cukup memberikan identitas diri (KTP) serta mengisi buku tamu, juga mencantumkan pelat nomor kendaraan yang akan diblokir.

Tidak sampai 10 menit akhirnya proses blokir pajak progresif sudah selesai, dan kita diberikan satu buah surat keterangan permohonan himbauan BNKB yang kita tandatangani.

Pencarian Populer:

Category: Otomotif, UmumTags:
author